Powered By Blogger

Kamis, 02 Oktober 2014

GEJALA SOSIAL KIAMAT BAGI LINGKUNGAN






Fhoto pertambangan emas di Perentak Kabupaten Merangin hasil bidikan kamera hijau conservation

       Kita telah belajar tentang gejala alam seperti gempa bumi dan gunung berapi semua itu adalah contoh gejala alam. Bagaimana dengan gejala sosial..?
Gejala sosial adalah semua peristiwa yang di buat dan di lakukan oleh manusia. Gempa bumi bukanlah gejala sosial karena manusia tidak bisa membuat gempa bumi. Begitu juga dengan gunung berapi. Sebaliknya, kemiskinan termasuk gejala sosial karena perbuatan manusia itu sendiri.
Gejala alam dan gejala sosial memiliki hubungan, baik secara langsung maupun tidak langsung.           
Orang yang tinggal di daerah gersang, biasanya lebih tekun bekerja dan amat menghargai tanah yang subut. Tetapi karena tanah yang dimiliki gersang, penghasilan mereka menjadi sedikit. Akhirnya, orang menjadi miskin sehingga memunculkan gejala sosial kemiskinan.banyak lagi contoh gejala sosial lainya seperti, kemiskinan, kejahatan, kependudukan, dan lingkungan hidup. Gejala lingkungan itu berpengaruh juga terhadap linkungan hidup bahkan tidak mungkin pencemaranpun akan terjadi di dalam fisik dan biologisnya yang akan dapat merugikan ekosistem manusia. Kita selaku manusia  seakan tidak peduli akan hal tersebut, karena keegoisnyalah lingkungan seakan kurang di perhatikan.
        Masalah pencemaran dapat di bedakan menjadi pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, dan pencemaran budaya. Pencemaran lingkungan biasanya merupakan akibat dari tindakan manusia. Misalnya, pencemaran udara dapat terjadi akibat asap berlebihan yang dihasilkan oleh pabrik dan kendaraan bermotor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar